Senin, 21 Juni 2021

Lakukan 4 Hal Berikut Sebelum Anda Menjual Laptop! Apa Saja?

Anda sedang memerlukan laptop dengan spesifikasi yang lebih lengkap dibandingkan dengan perangkat yang dimiliki sekarang? Daripada menumpuk, lebih baik anda menjualnya saja. Uang dari penjualan tersebut bisa anda gunakan untuk membeli laptop yang baru. Akan tetapi, sebelum jual laptop ada beberapa hal yang harus dilakukan, berikut informasinya.

 

Langkah Penting Sebelum Menjual Sebuah Laptop
1. Membersihkan Laptop
Sebelum melepaskan laptop ke tangan pemiliknya yang baru, anda harus membersihkannya terlebih dahulu. Pastikan bahwa bagian layar, keyboard, dan bagian luar laptop tidak berdebu. Langkah ini akan membuat laptop terlihat seperti baru sehingga pembeli akan lebih tertarik dan merasa puas dengan laptop yang anda tawarkan.


Lantas bagaimana cara membersihkannya? Anda bisa menggunakan tisu basah dan menyekanya dengan lembut. Nantinya debu yang menempel di permukaan laptop akan terangkat. Selain bagian badan laptop, anda juga harus membersihkan chargernya. Pastikan bahwa charger itu terlihat baik dan tidak kotor. 


2. Menghapus Seluruh Data
Selain fisik laptop, anda juga harus membersihkan bagian internalnya. Pastikan bahwa data data lama yang sempat anda simpan di sana sudah dipindahkan sebelum menjual laptop. Drive C,D, dan E juga jangan sampai ketinggalan untuk dikosongkan. Sebenarnya apa yang membuat kegiatan ini sangat penting? Alasannya yaitu agar data tersebut tidak disalahgunakan. 


Langkah ini juga dapat membuat pembeli lebih senang, karena mereka bisa langsung menggunakan laptop yang sudah dibelinya tanpa repot repot menghapus datanya secara mandiri. Hal tersebut akan membuat pemilik laptop second sedikit merasakan sensasi laptop yang baru. Setelah semuanya beres, barulah anda bisa melakukan proses penjualan. 


3. Tambahkan Antivirus
Bukan tidak mungkin jika selama ini laptop yang anda gunakan mengandung malware dan virus. Sekedar informasi, virus di dalam laptop dapat menimbulkan banyak masalah. Salah satunya adalah hilangnya dokumen secara mendadak dan bahkan merusak hardisk dan RAM sehingga kapasitasnya mengecil. 


Kondisi ini dapat diatasi jika anda mengunduh sebuah antivirus. Agar benar benar aman, pastikan sebelum menjual laptop, anda sudah meng scan nya terlebih dahulu. Harapannya, malware dan virus yang sempat berada di dalam laptop bisa terhapus. Dengan begitu, pengguna yang baru bisa menggunakan laptop dengan aman dan nyaman. 


4. Siapkan Kelengkapan Laptop
Tips keempat yang harus anda lakukan jika hendak menjual sebuah laptop adalah mempersiapkan segala kelengkapan perangkatnya dengan baik. Usahakan kardus luar, plastik, pengaman, garansi, dan berbagai komponen lainnya masih anda miliki. Meskipun terlihat sepele, komponen tersebut dapat membuat harga laptop lebih tinggi.


Akan tetapi, jika memang perlengkapan yang telah disebutkan tadi sudah tidak ada, lebih baik anda jujur dan komunikan langsung kepada calon pembeli. Jangan sampai mereka kecewa setelah menerima barang dari anda, terlebih jika mereka membelinya melalui marketplace online. Akan sangat disayangkan jika laptop yang anda jual malah merugikan orang lain.


Perlu diingat bahwa menjual laptop harus dilakukan dengan transparan. Harapannya, anda bisa terbuka dengan calon pembeli sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Untuk membangun hubungan dengan pembeli, anda juga bisa menambahkan bonus berupa beberapa aksesoris agar mereka semakin tertarik. 


Selain menjualnya secara langsung secara perorangan, anda juga bisa langsung mendatangi gerai  tukar tambah laptop. Di sana, anda bisa menjual sekaligus membeli laptop yang baru dengan mudah. Anda juga tidak perlu bingung untuk bernegosiasi karena nantinya laptop anda akan ditaksir sesuai dengan harga jual yang ada di pasaran.